Jumat, 08 Juni 2012

Salman Bagian dari Ahlu Bait

Ibnu Sa’ad, Hakim dan lainnya meriwayatkan dari jalur Katsir bin Abdillah bin Amru bin Auf Al-Muzani, dari ayahnya, dari kakeknya bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mengukur parit lantas membagi setiap sepuluh orang (menggali) 40 hasta. Kemudian kaum Muhajirin dan kaum Anshar berebut Salman, maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Salman bagian dari kami, Ahlu Bait.”

Takhrij Hadis Tentang Salman Bagian dari Ahlu Bait

Dzahabi berkata dalam At-Talkhish, “Sanadnya lemah.” Dalam Al-Majmu’, Haitsami menyandarkannya pada Thabrani dan ia berkata, “Dalam sanadnya ada Katsir bin Abdillah Al-Muzani. Ia di-dha’if-kan mayoritas ulama, sedangkan Tirmidzi menghasankan hadisnya. Dan rawi-rawi lainnya tsqiah.” Dzahabi menyebutkan riwayat ini dalam Siyar A’lamin Nubala’ pada biografi Salman. Dan ia berkata, “Katsir perawi matruk.” Al-Albani berkata, “Lemah sekali, dan riwayat ini terbukti mauquf (terhenti) pada Ali.”
Dzahabi berkata dalam As-Siyar, “Ya’la bin Ubaid berkata, A’Masy bercerita kepada kami, dari Amru bin Murrah, dari Abu Bukhturi yang berkata, ‘Dikatakan pada Ali, ‘Beritakanlah kepada kami tentang sahabat-sahabat Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam.’ Ia balik bertanya, ‘Siapa yang kalian tanyakan?’ mereka menjawab, ‘Salman.’ Ia berkata, ‘Ia mengetahui ilmu pertama dan ilmu terakhir. Ia bagai lautan yang tidak diketahui dasarnya. Ia bagian dari kami, Ahlul Bait’.”
Syaikh Syu’aib Al-Arnauth dalam catatan pinggirnya terhadap kitab As-Siyar berkata, “Para perawinya tsiqah.” Al-Faswi mengeluarkan riwayat ini secara panjang dalam Al-Ma’rifah wat Tarikh, 2: 540, dan rawi-rawinya tsiqah. Begitu juga Thabrani (6041) dan Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah, 1: 187. Lihat Al-Mathalibul Aluyah.” Syaikh Al-Albani membenarkan bahwa kisah yang diriwayatkan ini mauquf pada Ali, seperti diungkapkan di atas.
Sumber: Masyhur Tapi Tak Shahih Dalam Sirah Nabawiyah, Muhammad bin Abdullah Al-Usyan, Zam-Zam, Cetakan 1 April 2010
Artikel www.KisahMuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar